Selasa, 25 Mei 2010

Blue Smoke Obsesi Sosiopat pada Api


Catarina Hale, polisi khusus penyelidik kebakaran Baltimore, Amerika, dibuat panik dan ketakutan karena ulah sosiopat yang membakar satu demi satu orang-orang terdekatnya.
Awalnya wanita dewasa blasteran Italia-Amerika itu, mengira itu hanya kebakaran biasa, akibat kelalaian seseorang atau kecelakaan. Namun lama kelamaan semua menjadi jelas, bahwa seseorang tengah mengincar dirinya dan keluarganya, pemilik restoran pizza Sirico's untuk dihancurkan. Reena berpacu dengan waktu untuk mengakhiri aksi gila itu, agar ia sendiri tak dibakar sang sosiopat.
Buku ini menarik untuk dibaca. Joke-joke segar para tokoh di dalamnya, sepanjang buku ini, akan membuat anda tersenyum sendiri. Anda juga akan dapat 'melihat' bagaimana suasana kekeluargaan dalam gaya hidup orang-orang Italia, meskipun mereka telah berpuluh tahun pindah ke Amerika.
Anda juga akan mendapatkan ilmu baru tentang cara kerja polisi penyelidik kebakaran, untuk menentukan apakah kebakaran itu disengaja atau memang kecelakaan.
Walaupun kejutan utama tentang siapa pelaku pembakaran itu, sudah dapat ditebak di tengah cerita, namun pembaca tak akan menyangka bagaimana Reena berhasil mengungkap kasus ini. Demikian pula, target mana lagi yang akan dikejar sang sosiopat. Penulis dengan pintar menggiring pembaca untuk terus mengikuti alur pikiran tokoh utama, tanpa sempat memikirkan cara berpikir sang sosiopat. Tiba-tiba, anda dan Reena akan sama terkejutnya melihat target sang sosiopat untuk dibakar agar mendapatkan perhatian Reena.
Blue Smoke juga dapat dikatakan sebagai novel yang 'sangat Amerika'. Ini dapat dilihat dari keluarga Reena, keturunan Italia-Amerika, yang menganut nilai-nilai religius mereka sama beratnya dengan toleransi mereka pada gaya hidup moderat masyarakat setempat. Jadi, ketika Reena berusia 19 tahun dan belum pernah sekalipun tidur dengan pria, ia merasa ada yang aneh dengan dirinya.
Demikian pula saat mengetahui bahwa Reena telah memberikan keperawanannya pada seorang pria, padahal belum menikah, sang ibu tak menganggapnya sebagai sesuatu yang salah.
Selain itu, biasa bagi mereka setelah cukup dewasa untuk menentukan jalan hidup, memiliki pria hanya untuk sebatas 'teman tidur' dan bukan kekasih. Hal ini pula yang dilakukan Reena dengan seorang penasehat keuangan, Luke. Walaupun hubungan mereka tak langgeng, toh sang sosipat juga menjadikan Luke sebagai target.
Mungkin pembaca akan sedikit terganggu dengan bagian ini, namun novel setebal 631 ini tetap memiliki nilai tersendiri. Penulisnya, Nora Roberts, cukup cerdas mengulas satu tema ke tema lainnya, dengan cara yang lugas, tidak berbelit-belit dan paragraf-paragraf yang pendek sehingga tidak membosankan. Bagaimana Reena mengungkap kasus ini, apa motif sang sosiopat hingga membakar semua korbannya tanpa rasa berdosa, silakan temukan sendiri. Selamat membaca.

judul buku : Blue Smoke
penulis : Nora Roberts
penerbit : Writters House LLC and Maxima Creative Agency, 2005
terjemahan Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama, Februari 2010
jumlah halaman: 631

*** peresensi: Fitri Mayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar