Kamis, 11 November 2010

Taman Rahasia Penyembuh Hati yang Luka


Ini merupakan novel lawas yang telah beberapa kali dicetak oleh penerbit berbeda. Kita bisa melihat aneka desain sampul Secret Garden di mesin pencari di internet. Ini dapat pula menunjukkan bahwa novel ini sudah termasuk dalam deretan novel wajib baca untuk para penikmat buku bermutu, sejajar dengan Hamlet, Romeo and Julliet, Wanita Berbunga Camelia dan lain sebagainya.

Novel ini berkisah tentang Mary Lennox, gadis yatim piatu, manja dan pemarah, yang datang dari India untuk tinggal bersama pamannya Mr Archibald Craven di Inggris. Dia merasa kesepian di rumah besar dan sunyi milik pamannya itu. Namun suatu hari ia menemukan jalan menuju taman rahasia yang sudah bertahun-tahun dikunci. Dengan bantuan Dickon, anak lelaki yang bisa 'bicara' dengan binatang, Mary menghidupkan kembali taman itu dan membuatnya indah.

Kulitnya yang pucat karena selalu terkurung di dalam kamar, perlahan-lahan memerah sehat dan tubuhnya yang kurus, juga menjadi lebih berisi, seiring dengan tumbuh dan berkembangnya bunga-bunga di Secret Garden. Bila dulu ia memilih hanya memakan apa yang disukainya, kini ia makanan semua yang dihidangkan, dengan lahap, tanpa banyak protes.

Suatu hari Mary mendapati seorang penghuni rahasia rumah pamannya itu. Dia bernama Colin, seorang anak laki-laki yang tak punya semangat hidup dan yakin akan segera mati. Dengan cara yang aneh keduanya berteman dan menjadi bagian dari Secret Garden.

Mary dan Colin perlahan-lahan menjadi pribadi yang lain sejak mereka sering diam-diam pergi ke Secret Garden. Taman rahasia yang hanya diketahui oleh sedikit orang itu, perlahan-lahan hidup seiring dengan musim semi yang datang. Aneka umbi yang selama ini terbenam menghangatkan diri di dalam tanah, perlahan-lahan tumbuh dan menjadi bunga-bunga yang menumbuhkan harapan. Siapakah yang akan mendapatkan kejutan di akhir cerita?

Membaca buku ini kita akan kembali ke masa-masa awal abad ke-20, ketika Inggris masih menjajah India, kolera menjadi wabah mematikan dan para ibu dari kalangan bangsawan terbiasa menyerahkan perawatan bayi mereka pada pengasuh. Mary dan Colin termasuk dalam kelompok itu sehingga mereka terbiasa memerintah para pembantu, tidak mandiri dan cenderung egois. Sementara sang ibu sendiri sibuk dengan kegiatan sosialnya dengan menghadiri pesta dan jamuan makan dari satu orang kaya ke orang kaya lainnya.

Beruntungnya, kepergian Mary ke Inggris untuk bertemu dengan pamannya, telah mengubah segalanya. Perkenalannya dengan Martha, seorang gadis desa yang ditugaskan untuk melayani segala kebutuhannya, juga perlahan membuat Mary mengubah cara pandangnya terhadap dunia. Ia menjadi lebih mandiri, tegar dan penuh semangat.

Buku ini dapat dibaca oleh segala umur dan memberikan pengetahuan pada pembaca tentang jenis-jenis tumbuhan dan hewan. Penulis menerangkannya dengan cara yang menyenangkan dan sangat deskriptif, sehingga membuat pembaca seolah melihat sendiri semua latar cerita. Selamat membaca.


judul : Secret Garden
Penulis : Frances Hodgson Burnett
Penerbit :Gramedia, Februari 2010
jumlah halaman : 320

peresensi: Fitri Mayani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar