Sabtu, 24 November 2012

Wisuda IX, PCR Lahirkan 259 Lulusan



Pekanbaru (riauoke.com)-Politeknik Caltex Riau menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka wisuda 259 mahasiswanya, di gedung baru aula PCR, Sabtu (24/11/12).
Para lulusan PCR yang baru saja diwisuda, foto bersama para dosen dan Direktur PCR Dadang Syarif (tengah bawah).

Sebanyak 123 mahasiswa merupakan lulusan program Diploma IV atau Sarjana Sains Terapan, sedangkan 136 lainnya merupakan lulusan program Diploma III (Ahli  Madya). Dengan demikian, maka kini alumni PCR telah berjumlah 1.406 orang.

“Bagi PCR, lulusan merupakan karya utama dan aset yang sangat berharga, sebagai  bentuk tanggung dan wujud kontribusi nyata bagi bangsa dan  negara sesuai visi dan misi Pendidikan Nasional 2015 yaitu memberdayakan sumber daya manusia menjadi insan Indonesia cerdas dan kompetitif,” kata Direktur PCR Dadang Syarif, dalam sambutannya.

Berbagai prestasi diraih mahasiswa PCR, baik di bidang informasi dan teknologi (IT) maupun bidang lain, seperti speech contest,  energi alternatif,  menjadi salah satu kafilah MTQ nasional 2012 bidang tafsir Al Quran dalam bahasa Inggris, atau menjadi tulang punggung media center PON XVIII Riau, Oktober lalu.

Selain itu, prestasi PCR lainnya adalah semua program studi yang ada di sini sudah terakreditasi B. “Sedangkan bentuk peningkatan pada ukuran kinerja ini, dalam rencana strategis 2012-2016, PCR mencanangkan ada program studi yang meraih akreditasi A,” terusnya.

Dalam sambutannya, Dadang Syarif juga mengatakan kampus itu merencanakan untuk  membuka dua program studi baru pada 2014 mendatang, yaitu Teknik Mesin Alat Berat dan Manajemen Logistik. Kedua bidang studi itu sangat dibutuhkan dunia usaha.

“Saat ini kami sedang menyiapkan perizinan dan segala hal yang terkait dengan itu. Khusus untuk bidang studi Manajemen Logistik, merupakan bidang studi baru yang sampai saat ini baru ada di tiga  kampus di Indonesia. Jadi ini menurut kami sebuah tantangan sekaligus peluang,” terusnya.

3 Syarat dari Dirut CPI
Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia Abdul Hamid Batubara, dalam kesempatan itu  memberikan tiga kunci bagi para lulusan PCR untuk memasuki dunia kerja, yaitu profesional                  , sumber daya yang berkarakter  dan kreatif.

“Industri ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual. Jika harapan saya dapat disambut positif, maka PCR telah menciptakan insan bangsa yang berdikari, kreatif yang pada gilirannya nanti akan  berkembang ekonomi  kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional,”  katanya.
Mengutip salah satu pendiri PCR yaitu mantan Gubernur Riau H Saleh Djasit, dikatakan Abdul Hamid bahwa kualitas dan kuantitas PCR terus berkembang. Jumlah mahasiswa dan program studi dari tahun ke tahun terus bertambah. Prestasi demi prestasi juga terus diraih.

Bangun Kampus Baru
Sementara itu Ketua Umum Pengurus Yayasan PCR Robinar Djajadisastra mengatakan, yayasan itu terus berupaya melengkapi fasilitas PCR untuk meningkatkan mutu lulusannya. Tahun ini, dengan dana sendiri, YPCR menambah lagi gedung baru berupa gedung serba guna yang  meliputi hall tempat wisuda itu digelar dengan kapasitas 1.500 orang, 16 ruang belajar dan 8 laboratorium. Luas keseluruhan mencapai 8.805 m2.

“Alhamdulillah, hall itu dapat kita gunakan hari ini, walau masih dalam tahap finishing. Apabila gedung ini seluruhnya sudah selesai, maka setiap ruangannya dilengkapi dengan furniture, ac, komputer desktop dan LCD projektor. Semuanya bernilai Rp40 miliar, tidak termasuk peralatan laboratorium,” jelas Robinar. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar