Selasa, 01 Mei 2012

Rumbai Ecology Club Gelar Aksi Tanam Pohon

Rumbai Ecology Club beranggotakan para karyawan PT Chevron Pacifik Indonesia yang peduli terhadap lingkungan, Sabtu (28/4/12) pagi, menggelar aksi penanaman pohon di sekitar terminal bus karyawan Chevron di Rumbai.

Aksi ini diikuti puluhan orang anggota klub ditambah anggota Pramuka, siswa SMA Cendana dan SMP IT Al Ittihad. Ada beberapa jenis pohon yang ditanam pagi itu, seperti trembesi, pulai, meranti, mahoni dan pohon-pohon jenis keras lainnya.

Pagi itu ada sekitar 75 batang pohon yang ditanam, yang bibitnya disemai sendiri dari nursery PT CPI. Penanaman pertama dilakukan oleh Chairman Rumbai Ecology Club Kenneth Lewis, diikuti Advisor Supply Management Awan Setiawan serta peserta lainnya.

Usai penanaman, Awan mengatakan, untuk kegiatan ini, ECR telah menyediakan sekitar 400 bibit tanaman yang akan ditanam di sekitar Rumbai. Namun di tempat lain, misalnya di Gunung Salak, Jawa Barat, Chevron telah menanam sekitar 6 ribu batang.

 “Acara ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi,” terang Awan.

Ditambahkan oleh anggota REC Shintauli Lisbeth, klub ini telah aktif sejak 30 tahun lalu dengan berbagai kegiatan. Hingga saat ini, salah satu kegiatan yang terus mereka lakukan adalah masuk hutan setiap Selasa sore.

“Kami masuk untuk melihat kondisi hutan lindung yang ada di sekitar daerah Rumbai ini. Aktivitas di dalam hutan itu antara lain memunguti sampah yang mungkin ditinggalkan orang masuk ke dalamnya, memelihara pohon-pohon langka dan lain sebagainya,” katanya.

 “Yang jadi masalah kalau masuk hutan itu adalah populasi babi hutan yang pesat banget,” kata Awan Setiawan.

Hewan pemakan segalanya itu, mengacak-acak lingkungan di sekitarnya untuk mendapatkan makanan. Jumlahnya mereka bertambah dengan pesat karena di hutan itu tak ada predatornya.

 “Hutan itu luasnya sekitar 450 hektar. Di dalamnya dulu masih ditemukan tapir, kancil, ular, kucing hutan, monyet dan lainnya,” terusnya.

Ecoogy Club Rumbai memiliki sekitar 200 member yang selalu membuat berbagai kegiatan penyelamatan lingkungan. Kunjungan ke berbagai hutan lindung dan aksi penanaman pohon telah mereka lakukan sejak lama.

 “Selain berkunjung biasanya diiringi dengan aksi penanaman pohon. Kami bahkan sempat berkunjung ke Kalimantan untuk melakukan aksi serupa. Bibit pohonnya sengaja dibawa dari sini dengan kesepakatan dengan pihak sana, akan ditukar dengan pohon khas Kalimantan tapi tidak tumbuh di sini,” kata Awan lagi.

Acara ini beakhir sekitar pukul 10 pagi, setelah hampir semua bibit yang telah disiapkan, ditanam di tempat-tempat yang telah disediakan. Aksi penanaman pohon ini akan diteruskan anggota klub untuk kawasan sekitar Rumbai lainnya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar