Minggu, 15 Juli 2012

Rahasia Berumur 1.400 Tahun Lalu




Pernah dengar kata-kata bijak, 'Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari'?
  
 Saya mengetahui tentang pepatah itu sejak puluhan tahun yang lalu dan masih mengingatnya dengan sangat jelas, hingga hari ini, karena kartun yang menyertai pepatah itu menggambarkan sesosok pria yang sedang kencing sambil berlari. Falsafah yang saya pahami dari kata-kata bijak ini adalah, besarnya peran seorang guru dalam memberikan teladan kepada para muridnya.
   
Pengertian lain dari kata-kata bijak itu adalah bahwa seorang murid bisa lebih pintar dan cerdik dari gurunya. Makanya tidak heran bila guru mencontohkan kencing sambil berdiri, maka muridnya akan melakukan yang leb ih 'hebat', kencing sambil berlari.
  
 Sayangnya, keadaan zaman sekarang mengkondisikan kaum pria kencing sambil berdiri. Kata-kata bijak di atas hanya dipandang sebagai perumpamaan semata, tanpa ada makna lain di balik itu. Kita bisa melihat, toilet pria dirancang untuk kencing dalam posisi berdiri. Sebaliknya, kita mungkin merasa aneh bila melihat ada pria yang kencing sambil jongkok. Jangan-jangan memang perempuan yang sedang menyamar jadi laki-laki?
   
Namun belakangan saya tahu, ternyata Nabi Muhammad SAW juga pernah mengatakan bahwa Beliau tidak pernah kencing sambil berdiri sejak Beliau memeluk Islam. Walaupun tidak ada larangan tegas sehingga kencing berdiri adalah haram, namun sebagai seorang muslim, tentulah kita percaya bahwa sesuatu yang tidak dikerjakan Nabi, berarti mengandung sesuatu yang mungkin saja dapat membahayakan diri kita.
   
Nabi Muhammad memang tidak menjelaskan lebih jauh alasannya. llmu pengetahuanlah yang kemudian 'menolong' menguak rahasia  yang tersimpan lebih dari 1.400 tahun lalu kepada kita, manusia hari ini,  bahaya yang mungkin timbul dari kebiasaan kencing sambil berdiri. Seperti berita yang dimuat di Harian Vokal halaman 3 hari ini.
  
  "Sejumlah politisi sayap kiri di Swedia baru-baru ini mengusulkan undang-undang baru yang melarang pria kencing berdiri. Mereka pun mengemukakan alasan dan beberapa keuntungan bila pria kencing dengan cara duduk di toilet.
  
 Partai sosialis dan feminis di Swedia mengklaim, akan lebih higienis bila seorang pria duduk ketika buang air kecil. Hal itu akan mengurangi genangan air dan diklaim baik untuk kesehatan pria, karena kencing dengan cara duduk akan mengosongkan kandung kemih dan hal itu sangat menguntungkan pria dikala mereka sedang duduk.
  
 Kekosongan kantong kemih juga akan mengurangi resiko dari kanker prostat. Partai sayap kiri itu pun menilai, kehidupan seks pria akan semakin membaik bila dengan kesehatan prostat yang bagus."
   
Masih banyak rahasia-rahasia lainnya yang usianya setua rahasia kecil di atas. Mengapa kita dilarang minum sambil berdiri? Mengapa dilarang meniup makanan panas? Mengapa tidur harus miring ke kanan? Mengapa kita disuruh memuji Allah setelah bersin? Mengapa disuruh salat tengah malam?
  
 Jadi, bagaimana keputusan Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar