Jumat, 24 Desember 2010

Kenali Dosa Anda Mengelola Keuangan


Judul : 5 "Dosa" dalam Mengelola Keuangan
Pengarang : Stephanus Rudi Ok
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun terbit : 2010
Jumlah halaman : 98

Buku ini mengupas lima 'dosa' yang kita lakukan tanpa sadar dalam mengelola keuangan sehingga berdampak pada perekonomian. Dosa pertama adalah memaknai income yang telah diperoleh maupun yang sedang dikejar menjadi sangat penting dan segala-galanya dalam hidup.
Dosa kedua adalah kesalahan dalam mengelola penghasilan dan pengeluaran. Berapa besar yang mampu Anda hasilkan saat ini, sebagian besar adalah hak masa depan Anda, karena tidak seorang pun berencana untuk gagal tetapi seringkali orang gagal dalam membuat rencana. Kiat yang ditawarkan penulis dalam buku ini adalah, menentukan periode belanja kebutuhan rumah tangga dari sebulan sekali menjadi 2,3, atau 4 kali sebulan, sehingga tak perlu terlalu banyak menyetok barang di rumah. Pilihlah barang dengan kualitas baik meskipun dari segi harga sedikit lebih mahal, khususnya untuk barang-barang yang jarang dipakai atau dikonsumsi. Pilihlah harga yang lebih ekonomis untuk barang yang sering dikonsumsi, tentunya dengan kualitas yang sama dan hindarkan terpancang pada merek tertentu saja.
Dosa ketiga adalah tidak mengelola keuangan lebih dini untuk mempersiapkan masa pensiun saat kita berada pada usia produktif. Hal ini perlu dilakukan karena pemerintah tidak menjamin peningkatan kesejahteraan pascapensiun, jaminan sosial yang diselenggarakan pemerintah masih merupakan alat pelengkap, tak tersedianya fasiliats umum yang memadai untuk para lansia, meningkatnya biaya hidup dari tahun ke tahun, ketidakpastian kondisi perekonomian dan finansial di masa mendatang dan kondisi fisik dan produktivitas yang semakin menurun dari waktu ke waktu.
Dosa keempat adalah kesalahan membuat keputusan investasi. Sebagian orang berinvestasi hanya untuk mengejar hasil yang luar biasa tanpa mempertimbangkan resiko yang bakal terjadi. Di buku ini penulis memberikan beberapa contoh yang dapat dipelajari pembaca.
Dosa kelima adalah buruknya hubungan vertikal dengan Tuhan. Apa yang kita raih hari ini sudah pasti adalah pemberian dari Tuhan juga. Penemu teknologi telekomunikasi Alexander Graham Bell, mengatakan, "Kekuatan apa ini tidak dapat kukatakan, yang kutahau adalah bahwa ini ada dan menjadi nyata hanya bila seseorang berada di titik dimana ia mengetahui apa yang diinginkannya dan bertekad untuk tidak berhenti sampai ia menemukannya."
Buku petunjuk ini cukup lumayan untuk dibaca, karena kiat-kiat mengelola keuangan yang disampaikannya terasa mudah dijalankan. Hanya sayang, beberapa ilustrasi yang diberikan, kurang dibahas panjang, sehingga pembaca bisa terseret dalam pemahaman yang beragam dan bisa jadi itu tidak sesuai dengan keinginan sang penulis. Selain itu, ada beberapa kesalahan tulis di buku yang terasa mengganggu. Baru pada paragraf ketiga di halaman 2 (dalam istilah saya, seperti pengantin baru berbuat kesalahan di masa bulan madu), sudah muncul salah tulis. Selain itu, ada lagi kesalahan penggunaan tanda kutip dua ("), yang seharusnya hanya digunakan untuk menuliskan kutipan kalimat langsung. Dalam buku ini, penulis menggunakannya juga untuk memberi penegasan pada kata-kata yang menurutnya layak mendapat perhatian pembaca, seperti "status diterima" dan beberapa contoh lainnya, judul seminar yang sudah dicetak miring (italic) namun juga diberi tanda kutip dua dan lainnya.
Meskipun demikian, isinya patut Anda ketahui dan terapkan, agar tidak besar pasak daripada tiang.
Peresensi Fitri Mayani, penikmat buku, tinggal di Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar