Rabu, 16 Februari 2011

Gema Salawat Membahana Masjid Agung An Nur

Tablig Akbar Peringati Maulid Nabi Bersama Hadad Alwi


Gema salawat membahana di Masjid Agung An Nur, Rabu (16/2) pagi, saat Hadad Alwi mengomandoi lebih dari lima ribu jamaah untuk memuliakan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW dalam acara Tablig Akbar Menyambut Maulid Nabi Muhammad 1432 H.
Acara ini dimulai sekitar pukul delapan pagi. Jamaah berdatangan dari segala penjuru, baik masyarakat umum, para karyawan, jamaah masjid dan wirid, aparat kepolisian, para pejabat, serta para siswa mulai dari SD-SMA. Hadad Alwi terlihat sangat komunikatif dengan massa yang memenuhi masjid itu. Puji-pujian kepada Nabi Muhammad digaungkan Hadad dan diikuti para jamaah.
Selain itu, tablig akbar ini juga diisi dengan perenungan, mengajak kaum muslimin zaman ini untuk mengingat dan membayangkan sekiranya Nabi Muhammad berada di sisi mereka saat itu. Banyak jamaah yang meneteskan air mata saat Hadad menyerukan kepada Allah, agar salam mereka disampaikan kepada Nabi yang telah mendahului mereka.
"Ibu-ibu dan Bapak-bapak sekalianlah yang dimaksud Nabi SAW, ketika suatu ketika ia berkumpul dengan para sahabatnya, kemudian Beliau berkata, "Aku rindu, aku rindu." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, pada siapakah Engkau rindu?" Nabi menjawab, "Pada umatku, yang mencintai aku, mesti tidak pernah berjumpa denganku. Mereka yang hidup tidak sezaman denganku, namun kecintaan mereka demikian besar kepadaku," Kitalah umat Muhammad itu. Semoga salawat yang kita ucapkan hari ini, membuat kita berhak untuk bertemu dengan Beliau, di akhirat nanti," kata Hadad.
Beberapa jamaah yang menekurkan kepala, terlihat mengusap air mata, termasuk Hadad. Usai menggemakan salawat di dalam masjid, acara dilanjutkan ke halaman Masjid An Nur yang luas. Di sana, telah menunggu ribuan jamaah dan di sini Hadad kembali mengajak mereka bersalawat. Di penghujung acara, Hadad mengajak jamaah menyanyikan lagu Salawat Nabi diiringi musik dan terkesan lebih populer.
Keadaan menjadi sedikit tak terkendali, saat di penghujung acara, panggung dipenuhi jamaah yang ingin bersalaman dan memotret Hadad Alwi dari dekat. Untung tak terjadi hal-hal yang buruk dan Hadad segera dibawa kembali masuk ke dalam masjid.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama Riau H Anshari Noor, mengatakan, tingginya antusias masyarakat mengikuti tablig akbar ini membuat pihaknya gembira. Ia berharap akan menggelar acara serupa karena ini sangat besar manfaatnya tidak saja bagi orangtua, melainkan juga generasi muda, terutama untuk meningkatkan kualitas moral dan akhlak. [ ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar