Kamis, 17 November 2011

Pencairan Hingga Akhir November, 85 Persen Beasiswa Pemprov Sudah Disalurkan

Hingga Kamis (17/11), sudah 85 persen beasiswa Pemprov Riau yang disalurkan untuk mahasiswa Riau mulai dari jenjang pendidkan Strata 1 hingga Strata 3.
Demikian disampaikan Kasubag Pendidikan Biro Kesra Setdaprov Riau Fakhrul Chacha, kemarin. "Sampai saat ini sudah sekitar 85 persen dana bantuan pendidikan Pemprov Riau yang kami salurkan kepada para mahasiswa Riau," tegasnya.
Sayangkan Fakhrul tidak dapat merinci, dari jumlah itu, berapa persen untuk mahasiswa strata satu dan berapa untuk strata dua dan tiga. "Wah, kalau tidak saya tidak hafal. Tapi dapat dikatakan, merata," katanya.
Pencairan beasiswa ini semula dilakukan di Gedung Wanita di Jalan Pangeran Diponegoro. Namun sejak 10 November lalu, untuk menghindari keramaian, telah dipindahkan ke Biro Kesra Setdaprov Riau. Pihaknya masih akan menunggu hingga akhir bulan ini bagi yang belum mengurus pencairan dana bantuan itu.
"Bagi mereka-mereka yang namanya terdapat dalam pengumuman penerima beasiswa ini, kami beri waktu hingga akhir November ini untuk mengurus pencairannya," katanya.
Saat ditanya kendala yang dihadapi para calon penerima beasiswa ini saat proses pencairan, diakatakan Chacha hampir tidak ada, "Kecuali mereka agak kurang sabar. Ingin cepat-cepat bisa mencairkan bantuan itu. Padahal kami butuh waktu untuk mencari proposal yang bersangkutan di arsip kami," katanya.
Bahkan bagi mahasiswa strata satu, kalau saat pencairan semua syarat yang diminta dibawa lengkap, tak sampai 30 menit dana sudah dapat dicairkan. Sementara untuk jenjang pendidikan strata dua dan tiga, perlu tatap muka sekitar dua kali.
Sebagaimana diberitakan, tahun ini Pemprov Riau menganggarkan dana dari APBD Riau sebesar Rp10 miliar untuk membantu para mahasiswa, mulai dari jenjang pendidikan strata satu hingga tiga. Dana ini ternyata sangat diminati, terbukti dari banyaknya proposal yang masuk ke Biro Kesra Setdaprov Riau. Chacha mengatakan, untuk S1, ada 3.044 proposal yang masuk ke pihaknya sementara dari S2 dan S3 1.161 proposal.
Dari jumlah itu, hanya 775 proposal S1 yang disetujui untuk dibantu, sedangkan untuk S2 dan S3 sebanyak 573 proposal. Alasan Chacha, budget yang tersedia sangat terbatas. Kondisi ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, dimana dana untuk bantuan pendidikan mencapai Rp17 miliar dalam APBD Riau.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar