Selasa, 29 November 2011

PT CPI Bangun Venue Wushu Berkonsep Green Building


PT CPI membuktikan komitmennya mendukung Pemprov Riau sebagai tuan rumah PON XVIII pada 2012 mendatang dengan membangun venue olah raga wushu di Rumbai Sport Center.
Dikatakan GM Policy, Government adn Public Affairs (PGPA) PT CPI Usman Slamet, Selasa (29/11), venue itu berkonsep green building, yang memanfaatkan pencahayaan matahari semaksimal mungkin. Diperlukan dana sekitar Rp34 miliar atau USD3,78 juta untuk membangun venue ini agar representatif dan nyaman digunakan.
Luas bangunan ini 4.400 meter persegi dengan kapasitas sektiar 1.500 penonton. Konstruksinya saat ini dalam tahap pembangunan pondasi dan diperkirakan selesai serta diserahterimakan kepada Pemprov Riau pada Agustus 2012 mendatang.
"Chevron sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dan perkembangan Provinsi Riau. Gedung ini merupakan salah satu wujud kontribusi kami untuk turut menyukseskan perhelatan akbar PON XVIII yang akan membawa nama baik Riau sebagai tuan rumah," kata Usman, kemarin.
Diproyeksikan, setelah digunakan dalam PON, venue ini dapat menjadi gedung serba guna seperti halnya GOR Tri Buana di Jalan Diponegoro yang juga merupakan sumbangan PT CPI untuk Riau. Diharapkan gedung ini kelak dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seminar, pelatihan, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.
"Oleh sebab itu, penataan lay outnya bersifat multi fungsi. Kami juga berupaya memikirkan bagaimana setelah PON maupun Islamic Solidarity Games nanti, gedung ini tetap dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat, terutama bagi pengembangan kapasitas dan peningkatan kualitas SDM," kata Manager PGPA Rumbai Imamul Ashuri yang didampingi Manajer Komunikasi Hanafi Kadir.
"Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Riau agar pembangunan gedung ini berjalan lancar dan selamat. Sebab kesuksesan PON XVIII nanti juga merupakan kebanggan masyarakat Riau," kata Usman menambahkan.
Saat ditinjau ke lokasi proyek, kemarin, terlihat para pekerja sedang membangun pondasi gedung yang bentuknya mengadopsi pelindung kepala dan sabuk salah satu cabang olah raga bela diri itu. Lokasinya berseberangan dengan venue olah raga renang.
Terkait maintenance dan operasional gedung ini nanti, dikatakan Usman, PT CPI dan Pemprov Riau akan menandatangani MoU tersendiri. Hal ini disampaikan Usman menjawab pertanyaan wartawan yang mengaku khawatir nanti gedung ini tidak terurus, seperti banyak gedung lainnya, bila maintenance-nya tidak dipikirkan dan dibicarakan sejak awal. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar