Rabu, 02 November 2011

Beasiswa Pemprov Riau Akhirnya Diumumkan

Puluhan mahasiswa, Rabu (2/11) siang mendatangi Gedung Wanita di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, untuk melihat pengumuman nama-nama penerima dana bantuan pendidikan dari Pemerintah Provinsi Riau.
Kerumunan para mahasiswa sedang memperhatikan pengumuman yang ditempel di Gedung Wanita. Foto diambil oleh Andika, fotografer Harian vokal, Rabu (2/11/11) sekira pukul 15.00

Pengumuman ini telah mengalami dua kali pengunduran dari jadwal semula. Awalnya Biro Kesra Setdaprov Riau mengatakan akan mengumumkannya pada akhir Oktober, namun kemudian diganti menjadi tanggal 2 November. Hinga Selasa (1/11) sore, Kepala Biro Kesra Alimuddin dikabarkan masih mencari Gubernur Riau untuk menandatangani berkas penerima beasiswa itu, sebelum ditempelkan di papan pengumuman di Gedung Wanita.
Saat dilihat pagi kemarin, sekira pukul sepuluh, Gedung Wanita masih sepi. Tidak ada keramaian yang menyolok, walaupun satu dua orang terlihat datang dan pergi. Petugas Satpol PP yang bertugas di gedung itu Riko, mengatakan, sejak pagi sudah sekitar 20-an orang yang datang untuk melihat pengumuman itu. Namun mereka kecewa karena ternyata pengumuman itu tidak ada.
"Tadi ada yang ngomong, pengumumannya dialihkan ke Kantor Gubernur," katanya. Sementara di Kantor Gubernur, khususnya di Biro Kesra, ditempel pula pengumuman bahwa pengumuman penerima beasiswa itu akan dilakukan di Gedung Wanita.
Seorang mahasiswa Unri enggan menyebutkan namanya, mengatakan, mendapat informasi bahwa pengumuman itu akan ditempelkan pukul dua siang itu.
Kepala Biro Kesra Alimuddin, usai rapat dengan Sekdaprov Riau, membenarkan bahwa pengumuman itu akan dilakukan siang hari itu. "Siang nanti akan diumumkan di Gedung Wanita, cek saja ke sana," katanya.
Sayangnya ia tidak dapat menyebutkan berapa jumlah mahasiswa, baik dari jenjang pendidikan Strata Satu maupun Strata Dua, yang menerimanya. "Saya tidak hafal berapa jumlahnya," katanya.
Alimuddin juga mengatakan, pengumuman dilakukan di Gedung Wanita, sementara pencairan dananya dilakukan hari ini (3/11) di Biro Kesra Setdaprov Riau.
Sebelumnya dikatakan oleh Kepala Sub Bagian (kasubag) Pendidikan Biro Kesra Setdaprov Riau Fakhrul Chacha, dari 3.044 proposal mahasiswa Strata Satu yang mengajukan beasiswa, hanya 775 proposal yang disetujui mendapatkan bantuan. Masing-masing mahasiswa menerima bantuan antara Rp1,5-2,5 juta, tergantung universitasnya.
Sementara untuk jenjang pendidikan Strata Dua dan Tiga, telah masuk 1.161 proposal dan yang diluluskan hanya 573 proposal. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar